“Ngopi” sepertinya sudah menjadi agenda wajib saya setiap hari. Belajar ngopi pertama kali waktu masih SD. Di tempat asal saya, ngopi merupakan aktivitas yang sangat biasa buat kaum lelaki disana. Yang enak itu memang ngopi di warung, kalo sekarang istilahnya kedai kopi, coffee shop, dll. Ngopi di rumah juga seru sih, cuma warung selalu menyajikan sensasi ngopi yang berbeda. Hmmm.. karena menurut saya, ngopi buat kalangan bangsa melayu (termasuk Indonesia) merupakan ajang buat berdiskusi, ngobrol, tukar pikiran dll. Beda mungkin sama budaya ngopinya orang ‘barat’ eropa atau amerika. Kalo kita perhatikan (terutama saya yang memperhatikan), beda budaya ngopi kita dengan western itu terbukti juga dari metode menyeduh kopi. Biasanya sih mereka menyiapkan kopi dengan metode yang cepat, seperti espresso.
Orang Indonesia secara tradisional menyeduh kopi itu dengan cara ‘tubruk’, yang menggodok kopi + gula dengan air panas di gelas tempat minum kopi, sehingga di gelas kopi kita ada ampas kopinya. Nah, ini dia gaya ngopinya orang Indonesia menurut saya. Kopi tubruk itu gak bisa serta merta setelah diseduh air panas bisa langsung dinikmati. Butuh waktu yang agak lama sehingga kita bisa menikmati ngopinya. Menunggu kopi terekstraksi dengan baik dengan metode ini paling tidak butuh waktu 4-6 menit. Idealnya setelah diseduh dengan air panas, jangan diaduk dulu kopinya. Diamkan aja sehingga air panas terserap menyeluruh ke dalam pori-pori bubuk kopi.. Ya.. lebih kurang 4-6 menit. Setelah 6 menit kopi tubruk baru diaduk, kalo ada yang mau menambahkan gula, menurut saya ditambahkan saat kita mengaduk kopi ini. Ya.. kira-kira 1 menitlah buat ngaduk-ngaduk. Yapp.. sudah 7 menit waktu berlalu.. Dan... kopi ini juga belum bisa dinikmati lhoo.. bisa sih kalo mau menghirup ampas-ampasnya juga kedalam mulut. Kira-kira butuh waktu sekitar 5 menit lagi supaya ampas kopi di gelas turun ke dasar gelas sehingga kopi tubruk bisa dinikmati dengan nikmat. Sampai tahap ini kita sudah menghabiskan waktu 12 menit. Dan.. waktu 12 menit ini gak seru banget kalo cuma dihabiskan dengan diam menunggu. Paling asyik ya ngobrol khaaan... Nahh.. ini dia kenapa budaya asli ngopi di Indonesia itu identiknya dengan nongkrong, dan ngobrol. Lagian.. setelah 12 menit tadi itu emang kopinya mau langsung dihabiskan?? Saya sih engga.. nikmatnya ngopi itu ya diminum satu seruput satu seruput.. Sambil ngobrol kaan... Itu dia menurut saya kenapa budaya ngopi orang Indonesia itu aslinya adalah identik dengan warung, ngobrol, diskusi, bahas politik, bahas macem-macem..
